web stats

Rabu, 09 Oktober 2013

Tutorial PS2PFSExplorer

(Penggantian HDLoader / boot.elf pada hardisk PS2)

Penggunaan program ini dapat diambil kesimpulan hanya untuk mengganti file boot.elf pada Hd PS2 itupun harus dibantu.dengan Program WinHiip.
Karena Program ini masih tahap percobaan dan masih banyak sekali kelemahan yang belum dituntaskan oleh pengembang terutama SOUJACK and partner. Tetapi dengan Program ini kita masih dapat memanfaatkannya.
yaitu untuk penggantian tampilan Hd PS2 kita atau dengan istilah yang sering kita dengar HDLoader atau boot.elf
Adapun cara yang pernah saya coba sebagai berikut:

1. Koneksikan HD PS2 anda ke PC baik menggunakan mobile rack atau USB IDE ( saya disini menggunakan USB IDE karena lebih mudah ) selanjutnya setelah terhubung anda buka program PS2PFSExplorer ini, baca tampilan yang diberikan Soujack.
kalau anda setuju anda tandai “ Ya, saya coba



2. Kemudian pada menu combo box , anda pilih HD1 (………..GB) HD-1 disini merupakan HD PS2 tetapi jika di PC anda terdapat HD lebih dari satu maka anda harus mengingat Hd nya berapa GB setelah anda pilih Hd PS2. Anda klik hubungkan HD.


3. Maka akan terlihat file _boot[512MB/…. File bergambar ini kemudian anda klik sehingga disebelah kanannya akan menampilkan file
boot.elf ( file inilah yang merupakan HDLoader pada CD), lanjutkan dengan mengklik kanan file boot.elf ini sehingga menampilkan pilihan seperti gambar dibawah ini ,
 


kemudian anda pilih hapus maka akan mengeluarkan pesan yang berarti “ Konfirmasi untuk
menghapus file yang dipilih dalam bahasa Portugis/Spanyol “ anda pilih “ Yes “

4. Setelah file boot.elf terhapus maka anda bisa memasukan file BOOT.ELF kedalam kolom kanan yang sudah terhapus file boot.elf nya tersebut dengan mengklik kanan pada kolom yang kosong pilih tambah file seperti gambar dibawah ini.



5. Kemudian anda browser file BOOT.ELF yang sudah anda persiapkan ( telah anda buat dengan HDLPatch maupun dengan HDL AIO)
anda pilih file BOOT.ELF tersebut kemudian anda klik open, maka PS2PFSExplorer menampilkan progress bar berwarna hitam yang berarti sedang memasukan/ mentransfer file BOOT.ELF tersebut kedalam HD PS2.



6. Kemudian anda klik kanan pada File BOOT.ELF lanjutkan dengan memilih ubah nama, disini anda ganti nama BOOT.ELF dengan huruf
kecil yaitu boot.elf



7. Setelah mengganti nama file tersebut kemudian anda klik putuskan HD dan anda bisa tutup program AFS ini untuk membuka program WinHiip,
dimana dalam program WinHiip ini anda dapat memperbaiki drive structure PS2 agar tidak blank merah ataupun hitam.

8. Adapun cara penggunaan WinHiip dapat anda lihat di posting sebelumnya dalam pengistallan CDVD Game PS2.

9. Untuk Command yang lain saya tidak bahas dalam penggunaan PS2PFSExplorer ini karena saya rasa tidak diperlukan dalam mengubah tampilan HD ( HDLoader atau boot.elf).
Jadi saya sarankan agar tidak menggunakan command yang tidak saya bahas dalam tutorial ini.
Semoga Tutorial yang saya berikan ini bermanfaat bagi anda.

Wassalamu'alaikum .. wr .. wb ..... !!!!! -,...

Tidak ada komentar: